Pada saat menjalankan kegiatan
operasional, sebuah perusahaan terkadang memerlukan penggabungan perusahaan.
Penggabungan usaha yang dilakukan oleh suatu perusahaan bertujuan untuk
memperluas pasar dan jangkauan bisnisnya.
Dalam penggabungan dua perusahaan
sendiri terdapat dua cara. Cara tersebut adalah dengan merger dan akuisisi.
Berbagai alasan suatu perusahaan melakukan merger dan akuisisi antara lain;
untuk meningkatkan pangsa pasar, sinergi operasional, dan efisiensi kinerja
perusahaan agar lebih baik kedepannya. sebelum lanjut ke pembahasan kami sebelumnya juga mengunggah Caramemilih CEO dan CFO yang tepat untuk perusahaan jika anda ingin membaca anda
bisa klik link yang tertera.
Dengan strategi tersebut, diharapkan
nantinya dapat menjadi salah satu alternatif perusahaan untuk memperluas
jaringan bisnisnya.
Filosofi Merger Akuisisi
Merger dan akuisisi adalah dua kata
yang seringkali disalah pahami dalam dunia bisnis. Kedua istilah tersebut
sering merujuk pada penggabungan dua perusahaan, tetapi ada perbedaan utama
dalam penggunaannya.
Merger terjadi ketika dua entitas
atau perusahaan terpisah menggabungkan kekuatan untuk menciptakan organisasi
bersama yang baru. Sementara itu, akuisisi mengacu pada pengambilalihan satu
entitas atau perusahaan yang dilakukan oleh entitas lain.
Jadi, Merger dan akuisisi dapat
diselesaikan untuk memperluas jangkauan perusahaan atau mendapatkan pangsa
pasar dalam upaya menciptakan nilai pemegang saham.
1. Merger (Mergers)
Secara hukum, merger mengharuskan dua
perusahaan untuk berkonsolidasi menjadi entitas baru dengan struktur
kepemilikan dan manajemen baru seolah-olah dengan anggota masing-masing
perusahaan. Perbedaan yang lebih umum untuk membedakan kesepakatan adalah
apakah pembelian tersebut ramah (merger) atau agresif (akuisisi). Merger tidak
membutuhkan uang tunai untuk diselesaikan, tetapi melemahkan kekuatan individu
dari masing-masing perusahaan.
Dalam praktiknya, penggabungan ramah
yang setara tidak terlalu sering terjadi. Jarang ada dua perusahaan yang
mendapat manfaat dari penggabungan kekuatan dengan dua CEO yang berbeda yang
setuju untuk menyerahkan sebagian wewenang untuk mewujudkan manfaat tersebut.
Jika hal ini terjadi, saham kedua perusahaan diserahkan, dan saham baru
diterbitkan atas nama identitas bisnis yang baru.
Biasanya, merger dilakukan untuk
mengurangi biaya operasional, memperluas pasar baru, meningkatkan pendapatan
dan laba. Merger biasanya bersifat sukarela dan melibatkan perusahaan yang
kira-kira memiliki ukuran dan cakupan yang sama.
2. Akuisisi
(Acquisitions)
Pada akuisisi, perusahaan baru tidak
tampil. Namun sebaliknya, perusahaan yang lebih skalanya kecil sering
dikonsumsi dan tidak ada lagi dengan asetnya menjadi bagian dari perusahaan
yang skalanya lebih besar.
Tidak salah jika orang-orang
terkadang menyebut akuisisi sebagai pengambilalihan, karena pada umumnya,
akuisisi ini memang memiliki konotasi yang lebih negatif dibandingkan dengan
merger. Alhasil, perusahaan yang mengakuisisi dapat menyebut akuisisi sebagai
merger meskipun jelas merupakan pengambilalihan.
Akuisisi terjadi pada saat sebuah
perusahaan mengambil alih semua keputusan manajemen operasional perusahaan
lain. Akuisisi membutuhkan uang tunai dalam jumlah besar, tetapi kekuatan
pembeli mutlak.
Perusahaan dapat mengakuisisi
perusahaan lain untuk membeli pemasok mereka dan meningkatkan skala ekonomi dan
yang menurunkan biaya per unit pada saat produksi meningkat. Perusahaan bisa
jadi ingin meningkatkan target market mereka, mengurangi biaya, dan memperluas
ke produksi produk baru. Perusahaan terlibat dalam akuisisi untuk mendapatkan
teknologi dari perusahaan target, yang dapat membantu menghemat biaya investasi
modal dan penelitian serta pengembangan selama bertahun-tahun.
Karena merger sangat jarang terjadi
dan pengambilalihan dipandang secara negatif, kedua istilah tersebut semakin
dicampur dan digunakan bersama satu sama lain. Restrukturisasi perusahaan
kontemporer biasanya disebut sebagai transaksi merger dan akuisisi (M&A)
daripada sekadar merger atau akuisisi. Perbedaan praktis antara kedua istilah
tersebut perlahan terkikis oleh definisi baru kesepakatan M&A.
Contoh Merger dan Akuisisi di Dunia Nyata
Meskipun telah terjadi banyak merger
dan akuisisi, di bawah ini adalah dua yang paling menonjol selama
bertahun-tahun.
1. Merger bank
syariah BUMN
Merger bank syariah BUMN merupakan
salah satu merger yang bisa dikatakan cukup besar di Indonesia. Pasalnya, pada
1 Februari 2021 tahun lalu ketiga bank syariah,
yaitu PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank Syariah
Mandiri berganti nama menjadi PT Bank
Syariah Indonesia Tbk (BRIS).
Hasil dari merger bank syariah
tersebut akan memiliki aset sebesar Rp 245,7 triliun. Sedangkan untuk modal
intinya sebesar Rp 20,4 triliun. Berdasarkan jumlah tersebut, BSI berhasil
menjadi bank syariah terbesar di negeri ini. Sedangkan jika disandingkan dengan
bank umum, posisi BSI berada di peringkat ketujuh bank terbesar di Indonesia
ditinjau dari sisi aset.
2. Gojek Tokopedia
Merger
Kasus merger selanjutnya adalah
merger antara Gojek dan Tokopedia. Merger ini melahirkan perusahaan yang
bernama GoTo, sebuah perusahaan baru hasil penggabungan kedua perusahaan
tersebut.
Nilai valuasi dari perusahaan GoTo
mencapai 17 miliar dollar US atau sekitar Rp 243,1 triliun dengan asumsi kurs
Rp 14.300. Dengan mergernya kedua perusahaan tersebut menjadikannya raksasa
teknologi dengan valuasi terbesar se Asia Tenggara dan startup valuasi terbesar
ke- 12 di dunia.
3. Indosat Tri
Merger
Merger antara Indosat dan Tri. Kedua
perusahaan tersebut menjadi contoh perusahaan yang merger berikutnya di
Indonesia. PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT Hutchison 3 Indonesia melebur dan
mengusung nama baru “Indosat Ooredoo Hutchison” sebagai operator seluler.
Ooredoo Hutchison Asia Pte Ltd telah
membeli 1,76 miliar saham Indosat dengan harga Rp 6.460 per sahamnya. Nilai
transaksi dari pembelian saham tersebut kurang lebih sekitar Rp 11,37 triliun.
bagaimana penjelasan kami tentang Filosofi
Merger Akuisisi semoga artikel diatas menambah wawasan anda dan membantu anda
mencari informasi yang dibutuhkan